RSS

Sosialisasi e-LAKIP di Tanah Anoa

27 Jun

Kegiatan Pengembangan dan Implementasi Portal Nasional e-LAKIP – Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Informasi dan Otomasi Administrasi Negara – Lembaga Administrasi Negara (Puslitbang. SIOAN – LAN) minggu ke dua Bulan Mei 2012 diselenggarakan di Tanah Anoa. Provinsi Sulawesi Tenggara dipilih sebagai lokus karena sebagai salah satu provinsi yang dinilai masih belum optimal dalam penyusunan LAKIPnya. Tim Puslitbang SIOAN yang di ketua oleh Bapak Awang Anwarudin, M.Ed. yang beranggotakan Suripto, Ferdinand Mendorsa dan Witra Apdhi Yohanitas  mendarat di Bandar Udara Haluoleo dengan pesawat kebanggaan Indonesia yakni Garuda Airline GA. 604 tanggal 10 Juni 2012 jam 11 : 35 WITA.

Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi e-LAKIP di Tanah Anoa diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2012 di Hotel Plaza Inn tepatnya Crisant Room dengan di ikuti oleh 20 orang perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain Biro Organisasi, Dinas Keuangan, Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan, Dinas Pertanian, Dinas Pendapatan Daerah, Biro Humas, BPMD Prov. Sultra, Dinas Sosial dan lain sebagainya.

Acara kegiatan terbagi dalam sesi pembukaan, rehat, sesi inti (Review kebijakan LAKIP dan e-LAKIP) dan penutup. Pembukaan acara di lakukan oleh Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan Pemerintahan yakni Bapak La Katiri selaku pejabat yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam sambutan Sekretaris Daerah yang dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan Pemerintahan tersebut menekankan bahwa Banyaknya penyebab keterlambatan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan mulai dari sumber daya manusia hingga system kerja yang tidak dibakukan.  Kegiatan yang berulang dan dibakukan dengan system computer dapat memudahkan, mempercepat dan diandalkan untuk pelaksanaan tugas-tugas dan kewajiban pemerintah. Selain itu, Dalam sambutan tersebut juga mengungkapkan ucapan terima kasih kepada LAN yang telah mensosilisasikan pengoprasian penyusunan LAKIP berbasis elektronik dan kegiatan ini merupakan yang pertama di Provinsi Sulawesi Tenggara. E-LAKIP dinilai sangat berguna bagi PRovinsi Sulawesi Tenggara pada saat penyusunan LAKIP, sehingga diharapkan sosialisasi ini dapat diperluas ke Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sesi Review kebijakan LAKIP dan e-LAKIP di isi oleh tim LAN dengan paparan selama 120 menit dan dilanjutkan latihan selama 60 menit yang dimulai dari jam 09.00 – 12.00 WITA. Selama sesi inti, Antusiasme peserta sosialisasi dan Bimtek e-LAKIP sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan hasil pemahaman terhadap penggunakan aplikasi e-LAKIP yang hampir mencapai 100 persen. Selain itu, peserta juga memberikan masukan-masukan yang cukup penting untuk penyempurnaan e-LAKIP ke depan.

Penutupan acara kegiatan di lakukan oleh Kepala Biro Organisasi – Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mengetahui efektifitas kegiatan ini, Kepala Biro menyempatkan untuk meng-cross chek ke peserta terkait pemahaman aplikasi e-LAKIP dengan pertanyaan… Siapa yang belum paham dan tidak bisa menggunakan aplikasi e-LAKIP ? Namun semua perserta menyatakan telah mampu dan bisa menggunakan aplikasi tersebut. Selanjutnya, sebagai langkah serius Pemerintah Provinsi dalam memperbaiki LAKIP-nya, Pemerintah Provinsi akan membentuk tim LAKIP yang merupakan peserta Sosialisasi dan Bimtek untuk men-shering pengetahuannya kepada SKPD yang lainnya bahkan termasuk kabupaten dan kota di lingkungan Sulawesi Tenggara. Semoga LAKIP Tanah Anoa semakin baik untuk tahun-tahun selanjutnya. (Srt)

About these ads
 

Tag: , , , , , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: