RSS

KAMAR “PANAS” DAN “SUARA-SUARA” KAMAR SEBELAH

27 Jun

Keinginan pengunjung hotel tentunya kenyamanan dalam beristirahat…tapi bagaimana kalau hal itu tidak diperolehnya ?. hal ini yang saya alami di salah satu hotel ternama di Nabire..Cerita ini berawal dari kedatangan kami ke Nabire untuk bekerjasama dengan Kabupaten Dogiyai. Setelah mendarat di bandara dogiyai., kami dijemput oleh salah seorang pejabat secretariat di Kabupaten Dogiyai… dengan cirri khas orang papua yang ramah..kami disambut dengan senyum dan hangat oleh pak Henky…sambil berjabat tangan dan senyum… ha ha akhirnya datang lagi ke tanah papua ..ucap kami..setelah sedikit berbincang, akhirnya teman kami menanyakan “tidak ke gereja pak ?” karena kami tahu beliau adalah seorang yang taat dalam beribadah…beliau menjawab…ya..tadi sedang di gereja..karena bapak-bapak (kami) datang makanya kami menjemput”…lanjut beliau..ini juga pelayanan…sambil tersenyum.
Sambil berbincang terus kita menuju mobil jemputan…dan ternyata ada yang luar bisa..kalau di Jakarta orang yang memiliki mobil Toyota Fortuner dan Pajero Sport adalah orang-orang kalangan menengah dan untuk gengsi…kalau di Nabire…mobil ini hanya digunanakan untuk menjadi “Taxi” atau mobil sewaan…luar biasa kan…bayangkan aja sendiri…he he he. Hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit sudah sampai ke hotel untuk tempat kami menginap, kami langsung memesan kamar ke resepsionis ..ada kamar kosong ?, petugas itu menjawab ada pak tapi masih dibersihkan, sebentar kami hubungi petugas pembersih kamar, kamar mana yang sudah rapi !.. akhirnya kami mendapatkan 3 kamar yakni 301, 303 dan 304.
Saya mendapatkan kamar 304..pertama kami masuk kamar dirasakan udaranya panas dan pengap…ah mungkin karena ini daerah pantai..itu yang saya pikirkan….Karena dari malam belum makan, setelah mendapatkan kamar langsung mencari makan untuk sarapan sekaligus makan siang…Kita makan di rumah makan di tepi pantai…cuara yang sangat cerah membuat lebih enak menikamati alam Papua Barat….seperti biasa setiap ke Papua makan ikan lauk nasi…maklum kalau di Jakarta makan ikan bakar relative mahal dibandingkan di papua. He he he he…selesai makan langsung menuju hotel untuk istirahat…namun saat sampai di kamar 304 langsung disambut suasana kamar yang panas dan pengap…walaupun AC telah nyala selama 2 jam lebih…akhirnya AC dimatikan dan membuka semua jendela untuk mendapatkan udara yang lebih segar…tenyata benar better dengan jendela terbuka….
Waktu terus berjalan merayap sampai sore dan keadaan tidak berubah…udara kamar masih panas dan pengap… mencoba untuk minta ganti ke kamar yang lain ternyata tidak ada kamar kosong…maaf pak semua kamar terisi…nasib..nasib….Jam 20.00 WIT bertemu dengan Bupati Dogiyai untuk mendiskusikan acara besok paginya dan melaporkan progress pekerjaan yang di akhiri dengan makan malam…tetap untuk makan malam menggunakan ikan lauk nasi..he he he Jam 22.00 WIT kembali ke hotel untuk istirahat malam dan tetap disambut udara panas dan pengap….ya sudahlah nikmati saja…dalam hati. Malam terus merawap selain menikmati udara panas dan pengap ternyata juga ada suara-suara di kamar sebelah yang cukup mengganggu…aduh…brisik banget ya…banyak orang ngobrol… satu jam, dua jam saya pikir akan segera berakhir obrolan itu…ternyata tidak juga…sampai sulit tidur juga….lengkap sudahhhh……
Saya gak terlalu ingat jam berapa tertidur…setelah bangun karena panas jam tiga pagi ternyata orang-orang di kamar sebelah masih ngobrol dan nyanyi-nyayi serta tertawa-tawa… sulit tidur lagi…sampai akhirnya temanku keluar kamar karena akan terbang jam 6 pagi….saya ikut bangun dan menyalami untuk berhati-hati di jalan….dan akhirnya saya pindah kekamar teman yang lebih sejuk karena ACnya lebih baik…he he he he…jam 4 pagi sampai jam 5.30 pagi akhirnya bisa tidur nyeyak…Selain udara yang lebih sejuk…letak kamarnya lebih jauh dari orang-orang yang banyak ngorol…
Setelah bangun pagi, sudah rapi dan siap sarapan..ternya tamu yang ada di kamar paling brisik sedang ketok-ketok kamarnya dan memanggil temannya…tok tok tok…..gak ada jawaban mungkin sampai 10 menit kalinya….dalam hatiku..wah temennya pasti terkapar menahan kantuk nih hingga gak bangun wawalu sudah di kotok-kotok….