RSS

MENYUSUN LAKIP DENGAN SMARTPHONE

27 Jun

Bangka Tengah merupakan pemerintah daerah kabupaten yang pertama kali di Indonesia mengadakan bimbingan teknis (bimtek) e-LAKIP. Selama ini, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Informasi dan Otomasi Administrasi Negara – Lembaga Administrasi Negara (Puslitbang. SIOAN-LAN) hanya menyelengarakan di lingkungan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan Pemerintah Daerah Provinsi. Penyelenggaraan bimtek e-LAKIP di Bangka Tengah merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dengan Puslitbang. SIOAN-LAN. Selain sebagai kabupaten yang pertama dalam penyelenggaraan bimtek e-LAKIP, peserta bimtek Kabupaten Bateng juga yang pertama kali menggunakan smart phone untuk mengakses aplikasi e-LAKIP.

Smart phone merupakan salah satu teknologi komunisasi yang sudah familyer di Indonesia. Namun sayang, Banyak para penggunanya hanya digunakan untuk menunjukan status dan ber-ping ria dan update di jejaring sosial. Tetapi, salah seorang peserta bimbingan teknis e-LAKIP telah menunjukan sesuatu yang berbeda, hal ini berawal dari kurang bagusnya jaringan internet di lingkungan Kabupaten Bangka Tengah. Kondisi radio pemancaran yang sedang rusak menjadikan jaringan internatnya seperti angin spoi-spoi yakni kadang muncul dan kadang hilang. Untuk mengatasi hal tersebut dan mendapatkan hasil secara optimal dalam pembelajarannya, kami menerapkan dua system model bimbingan teknisnya yakni secara online dan offline. Secara online dengan menggunakan modem masing-masing perserta selain menggandalkan akses dari kominfo Kabupaten Bangka Tengah. Sedangkan offline dengan menggunakan software yang telah disediakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Informasi dan Otomasi Administrasi Negara (Puslitbang. SIOAN-LAN).

Ibu Iin adalah peserta bimtek yang berasal dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bateng yang mencoba mengakses aplikasi e-LAKIP dengan menggunakan smart phone (Black Barry). Awalnya, kami sedikit ragu untuk menggunakan smartphone, namun demikian kami tetap mendampingi dan memberikan bimbingan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Dan, setelah tahapan dilalui, ibu Iin yang menggunakan smart phone juga dapat membuat draf LAKIPnya. Hal ini tentunya menjadi kejutan karena e-LAKIP dapat diakses dengan menggunakan smart phone. (srt)

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: