RSS

SOSIALISASI PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI E-LAKIP DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

27 Jun

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang merupakan tempat Pahlawan Dipati Amir merupakan lokus ke-7 rangkaian kegiatan Pengembangan dan Implementasi Portal Nasional E-LAKIP. Kegiatan sosialisasi diselenggarakan di Beliyu Room – Hotel Novotel tanggal 20 Juni 2012 mulai jam 08.00 – 12.00 WIB. Pemilihan Babel didasarkan atas hasil evaluasi Laoran Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) tahun 2011 yang menempatkan dalam katagori C.  Nilai tersebut telah lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai nilai D.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir. Imam Mardi Nugroho, MT. yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Pembangunan menegaskan kepada para peserta Bimbingan Teknis bahwa “Transfer ilmu dan pengalaman (e-LAKIP) para narsumber akan membantu kami semua dalam menambahkan wawasan untuk memahami pentingnya pengembangan dan implementasi portal Nasional e lakip dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan”. Bahkan dalam sambutannya, Assiten Administrasi Pembangunan sempat membandingkan jika harus mengikuti kegiatan yang serupa dengan kegiatan e-LAKIP ini, pemerintah dareah harus mengeluarkan anggaran tidak kurang dari 8 juta / orang atau 168 juta jika mengirim 21 orang. Dengan melihat hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara yang telah menjadikan Babel sebagai salah satu lokus kajian.

Salah satu azas yang sangat penting dalam pemerintahan menurut Sekda Provinsi Babel yakni  azas akuntabilitas, dimana azas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir kegiatan penyelenggaraan Negara harus dapat di pertanggungjawabkan kepada masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi Negara. Dengan nilai evaluasi LAKIP 2011 pada peringkat C menjadikan Pemprov. Babel merasa malu dengan Capaian tersebut, dimana hasil evaluasi tersebut diumum di depan para Gubernur seluruh Indonesia dan ditampilkan secara online. Oleh karena itu, Dengan adanya bimbingan teknis e-LAKIP sangat berharap kepada para peserta bibtek yang merupakan wakil dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat menyusun LAKIP lebih baik lagi. Selain itu, harapan kepada peserta akan mampu menyebarkan kepada SKPD yang belum memiliki kesempatan mengikuti bimtek LAKIP.

Kegiatan sosialisasi e-LAKIP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diikuti oleh 21 orang  yang mewakili SKPD : Badan Kepegawaian Daereh; Dinas Pekerjaan Umum; Dinas Pendidikan; Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah; Dinas Perindustrian dan Perdagangan; Badan Pendidikan dan Pelatihan; Dinas Kesehatan; Dinas Pertambangan dan Energi; Dinas Kesejahteraan Sosial; Dinas Kelautan dan Perikanan; Biro Organisasi; Inspektorat; Badan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa; Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah dan Dinas Perhubungan.

Hasil kegiatan bimbingan teknis e-LAKIP yang diselenggarakan selama 3 jam telah mampu memberikan pemahaman kepada seluruh peserta untuk mengoprasionalkan aplikasi e-LAKIP mulai dari login sampai membuat draf LAKIP. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperbaikin untuk penyempurnaan e-LAKIP kedepan antara lain dapat digunakan di internet explorer dan apple machitos, dapat membaca tanda kutip pada input uraian profil, sasaran strategis dan indikator kinerja serta diberikan kolom untuk memberikan nama jabatan dan nama pejabat yang bertanggung jawab LAKIP.

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: