RSS

SISTEM INFORMASI ANJAB DAN ABK BERBASIS WEB

13 Sep

PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI ANALISA JABATAN & ANALISA BEBAN KERJABERBASIS WEB

 I.        LATAR BELAKANG

Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan pemerintah adalah untuk meningkatkan kulitas pelayanan publik. Namun demikian, profesionalisme pegawai negeri sipil selaku penyelenggara masih belum sesuai dengan yang diharapkan.  Salah satu penyebab utamanya karena terjadi ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang didudukinya. Ketidaksesuaian itu disebabkan oleh komposisi keahlian atau keterampilan pegawai yang belum proporsional. Demikian pula, pendistribusian pegawai masih belum mengacu pada kebutuhan nyata organisasi, dalam arti belum didasarkan pada beban kerja organisasi. Menumpuknya pegawai di satu unit tanpa pekerjaan yang jelas dan kurangnya pegawai di unit lain merupakan kenyataan dari permasalahan tersebut. Di sisi lain pembentukan organisasi cenderung tidak berdasarkan kebutuhan nyata, dalam arti organisasi yang dibentuk terlalu besar sementara beban kerjanya kecil, sehingga pencapaian tujuan organisasi kurang efisien dan efektif.

Untuk itu, Pemerintah melalui Keputusan Bersama Menteri yakni Menteri Keuangan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Moratorium atau penghentian sementara perekrutan PNS sejak 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012 atau sekitar 16 bulan kecuali tenaga medis, dokter dan perawat, petugas keselamatan publik, dan tenaga pengajar. Hal ini ditujukan sebagai salah satu bentuk komitment dalam penataan kepegawaian pemerintah. Selanjutnya, untuk mendapatkan formasi pegawai negeri sipil (PNS), setiap instansi pemerintah harus menyerahkan dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja  paling lambat 30 Juni 2012.

Pelaksanaan analisis jabatan dan analisis beban kerja pada hakekatnya diharapkan agar terpenuhinya tuntutan kebutuhan untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi serta profesionalisme sumber daya manusia aparatur yang memadai pada setiap instansi serta mampu melaksanakan tugasnya. Selain itu, pelaksanaan analisis jabatan dan analisis beban kerja dapat menghasilkan suatu tolok ukur bagi pegawai/unit organisasi dalam melaksanakan kegiatannya, (yaitu berupa norma waktu penyelesaian pekerjaan, tingkat efisiensi kerja, dan standar beban kerja dan prestasi kerja, menyusun formasi pegawai, serta penyempurnaan sistem prosedur kerja dan manajemen lainnya.

Hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja juga dapat dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan produktifitas kerja serta langkah-langkah lainnya dalam rangka meningkatkan pembinaan, penyempurnaan dan pendayagunaan aparatur negara baik dari segi kelembagaan, ketatalaksanaan maupun kepegawaian. Upaya dalam mencapai pelaksanaan analisis jabatan dan analisis beban kerja pada setiap unit organisasi Pemerintah Daerah secara konsisten dan berkesinambungan akan lebih sempurna apabila diimbangi dengan sentuhan teknologi informasi dalam setiap implementasinya.

Namun demikian, sampai batas akhir penyerahan dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja masih banyak instansi pemerintah pusat dan daerah belum menyerahkan dokumen tersebut. Banyak kendala yang menjadi penyebabnya antara lain  keterbatasan tim analis, proses penyusunan secara manual,  jumlah dokumen yang sangat banyak dan lain sebagainya.

Kemajuan teknologi informasi penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi elektronik berbasis elektronik. Keuntungan dengan menggunakan aplikasi antara lain lebih cepat, akurat, tepat, murah dan efisien. Selain itu dengan Aplikasi Sistim Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dapat membantu pemerintah dalam pembangunan di daerah, terutama bagi penyediaan data dan informasi bagi penyusunan kabijakan perencanaan terkait dengan aparatur pelaksana pemerintahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat dan menyusun dokumen analisis  jabatan dan analisis beban kerja berbasis elektronik atau website.

 II.        TUJUAN

Pada dasarnya tujuan kegiatan Aplikasi “Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja“  adalah Memberikan secara jelas mengenai potensi yang dimiliki oleh daerah dan sekaligus permasalahan yang sedang dihadapi sehingga dapat menentukan strategi yang tepat, guna memecahkan permasalahan yang dihadapi terkait dengan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja. Tujuan dari penyusunan “Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kapasitas daerah dalam penyelenggaraan Instansi.
  2. Memberikan informasi efektifitas tertentu terkait Jabatan dan Beban Kerja di setiap unit kerja.
  3. Menyediakan dukungan data dan informasi tentang Jabatan dan Beban Kerja bagi perencana dan pengambilan keputusan
  4. Sebagai bahan masukan dalam proses perencanaan terkait ketersediaan aparat penyelenggara di masing – masing Satker.
  5. Menyediakan data dan informasi yang dapat diintegrasikan.
  6. Efesiensi Waktu dalam Mengerjakan Anjab dan ABK dengan hanya inputan form uraian jabatan dan form A yang lain Otomatisasi dalam penghitungan ABK
  7. Efesiensi Waktu dalam 4 bulan

 III.        HASIL DAN MANFAAT

Hasil  Kegiatan Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja sebagai berikut :

  1. Menyajikan data dan informasi untuk mendukung tercapainya kualitas perencanaan dan pengendalian penyelenggara pemerinthaan yang dapat dihandalkan.
  2. Menyediakan data dan informasi serta fakta atau bahan penting untuk perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan oleh Pengambil keputusan khusus terkait kelembagaan di setiap satuan perangkat kerja.
  3. Pemantauan terhadap konsistensi dari data dan informasi secara umum khususnya bidang organisasi
  4. Penyajian sistem informasi jabatan dan beban kerja berbasis web.

Manfaat Kegiatan Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja  sebagai berikut :

  1. Dengan adanya kemampuan monitoring terhadap perkembangan terkait kondisi realisasi analisis jabatan dan beban kerja pada tahun ke tahun anggaran yang sedang berlangsung, pihak yang berwenang dapat memanfaatkan untuk melakukan pemantauan dan perbandingan dari pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dengan realisasi yang ada.
  2. kemampuan sistem dalam menyanjikan informasi secara online yang sedang dalam bentuk periode tertentu di lingkungan pemerintah daerah dapat dimanfaatkan untuk menjaga transparansi dan Good Govermance.
  3. Penyajian data dan informasi pada periode tertentu dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kinerja dari Dinas/Badan/Lembaga dari tahun ke tahun, dengan demikian data tersebut dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan di dalam perencanaan pada tahun-tahun berikutnya.

 IV.        RUANG LINGKUP KEGIATAN

Secara umum ruang lingkup kegiatan Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja”, adalah pembuatan Aplikasi Sistem Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja yang ada saat ini dikembangkan kedalam bentuk Aplikasi berbasis web. Adapun ruang lingkup Pengembangan Aplikasi SIPD terdiri dari beberapa tahap :

      Tahap I    : Studi Pendahuluan

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan antara lain : melakukan identifikasi kebutuhan Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya; identifikasi bentuk alur informasi – komunikasi dari dinas – dinas terkait; identifikasi data dan informasi yang akan ditampilkan; studi / mengkaji terhadap analisis pendukung.

      Tahap II   : Blueprint Website

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah desain halaman website; perumusan bentuk tampilan data dan informasi; blueprint.

      Tahap III  : Survei Pengumpulan Data

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah pengumpulan data sekunder yang telah diidentifikasi pada tahap I point 3; identifikasi alur informasi lintas lembaga/dinas serta sektor (baik vertikal maupun hosrizontal)

      Tahap IV : Entry Data

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah pemilahan dan kompilasi data dan informasi; tahap tabulasi data dan informasi.

      Tahap V  : Pengembangan Sistem Informasi

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan antara lain tahap pemasukan data yang telah diolah; tahap pembangunan link menjadi Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja

 V.        SUMBER PENDANAAN

Sumber pendanaan dari Kegiatan Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja”, adalah berasal dari pengguna jasa kami.

Silahkah Klik Presentasi

VI PRESENTASI

VI KONTAK KAMI

Suripto

suripto3x@rocketmail.com

suriptox3@rocketmail.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 13, 2012 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: